FORM
1. Prinsip
Form Design
Pengunjung situs
web membenci mengisi formulir. Mereka ingin menyelesaikan
tugas dalam jumlah waktu yang sedikit, dengan jumlah kerumitan dan usaha
yang sedikit pula.
Semakin lama formulir, semakin mereka menjadi tidak sabar,
hanya
pengunjung yang paling
termotivasi akan mentolerir bentuk lebih dari satu halaman.
Semua ini berkaitan dengan prinsip-prinsip
bentuk desain yang mengikuti.
Mengurangi Upaya Fisik
Kebanyakan pengunjung
tidak suka mengetik dan "keyboarding" lebih dari yang mereka miliki. Akibatnya, kita
harus mengambil keuntungan dari setiap kesempatan kita harus meminimalkan
klik pengunjung, penekanan tombol, gerakan mouse, dan
bergulir. Secara khusus, jangan meminta setiap bagian dari informasi lebih dari satu kali,
setiap kali ada kesempatan beberapa input data yang identik dengan data yang
dimasukkan sebelumnya. Misalnya, jika pengunjung sudah memasuki alamat penagihan, kemudian
memberikannya dengan shortcut memeriksa sebuah "sama
seperti alamat penagihan" kotak untuk pengiriman
alamat. Mengambil langkah lebih lanjut, kita dapat
mengingat data dari pengunjung sebelumnya terjun di situs kami, seperti ketika Amazon meminta izin
untuk menyimpan pengiriman seorang pengunjung
dan informasi penagihan sehingga dia tidak perlu
memasukkannya setiap kali ia berhenti masuk.
Mengurangi Upaya Kognitif
Selain meminimalkan
upaya fisik dari mengetik, kita juga perlu untuk mengurangi upaya kognitif. Ini
hampir tidak dikatakan bahwa bentuk harus sederhana dan mudah
mengerti. Memilah halaman visual
yang membingungkan, dengan banyak
yang tampaknya tidak berhubungan dan elemen terorganisir, membutuhkan tenaga mental yang
lebih banyak dari
pengguna.
Hindari Meminta Informasi Dianggap Tidak Perlu
Pengunjung yang
paling terganggu oleh pertanyaan-pertanyaan yang mereka pandang tidak relevan
untuk kebutuhan
mereka sendiri. Mereka mengakui bahwa pertanyaan pemasaran (demografi, minat
dan hobi,
dan sebagainya) tidak menguntungkan diri mereka sendiri tetapi organisasi induk
situs Web sebagai gantinya. Ini adalah mengingat bahwa pengunjung akan sangat kesal
jika pertanyaan tersebut bersifat non-task.
Kita harus
berhati-hati tentang cara di mana kita meminta data jika diperlukan. Misalnya, sebagian besar pengguna dimatikan oleh situs
yang tidak akan membiarkan mereka masuk sama sekali sampai mereka
memberikan beberapa informasi pribadi, bagaimanapun mereka belum tahu apakah situs tersebut layak? Mereka bahkan tidak yakin apakah situs tersebut dapat dipercaya. Akibatnya, banyak dari mereka tekan tombol Back, dan itu berarti selamat tinggal. Sebaliknya, jika pengunjung pertama kali melihat isi dari situs, mereka setidaknya memiliki kesempatan menjadi tertarik, dan kemungkinan akan lebih bersedia untuk memberikan informasi. Semua ini berkaitan dengan isu salience, atau kepentingan untuk pengunjung. Semakin tinggi arti-penting, para pengunjung lebih bersedia untuk melompat melalui lingkaran.
memberikan beberapa informasi pribadi, bagaimanapun mereka belum tahu apakah situs tersebut layak? Mereka bahkan tidak yakin apakah situs tersebut dapat dipercaya. Akibatnya, banyak dari mereka tekan tombol Back, dan itu berarti selamat tinggal. Sebaliknya, jika pengunjung pertama kali melihat isi dari situs, mereka setidaknya memiliki kesempatan menjadi tertarik, dan kemungkinan akan lebih bersedia untuk memberikan informasi. Semua ini berkaitan dengan isu salience, atau kepentingan untuk pengunjung. Semakin tinggi arti-penting, para pengunjung lebih bersedia untuk melompat melalui lingkaran.
Jika beberapa informasi
yang Anda minta diperlukan, sementara bidang lainnya adalah opsional, menggunakan beberapa petunjuk visual untuk
menandakan yang mana, sehingga pengunjung dapat memilih
untuk mengabaikan bidang opsional (yang
mana, tentu saja, sebagian besar
dari mereka akan melakukan). Menempatkan tanda bintang di samping semua bidang yang dibutuhkan adalah teknik umum yang sebagian besar
pengunjung mengakui, seperti dalam Gambar 8.1.
Secara
kolektif, berbagai elemen form seperti daerah input teks dan kotak centang yang
disebut kontrol, form kontrol, atau widget, subyek bagian berikutnya.
2. Kontrol
Input
Kontrol input yang
dibungkus dalam tag <form> yang menentukan nama formulir sebagaimana
serta metode dan tindakan yang harus terjadi ketika
formulir dikirimkan. Dalam formulir, dua kategori
kontrol umum menangkap
masukan pengunjung:
a.
Sebelum mendefenisikan pilihan kontrol sebagai tombol radio, checkbox, dan kotak daftar.
b.
Teks kontrol memungkinkan pengunjung untuk memasukkan data teks-bentuk bebas.
Sebelum mendefenisikan kontrol pilihan meminimalkan keystrokes
(tombol) pengunjung dan
memastikan akurasi karena ada sejumlah pilihan, semua dijamin akan valid. Misalnya,
kesalahan ketik dan kesalahan ejaan dieliminasi pada nama negara jika kita memberikan
daftar drop-down pilihan (semua mungkin dieja dengan benar). Ini biasanya dalam kepentingan
terbaik kami untuk menggunakan pilihan yang telah ditetapkan mengontrol setiap kali ada
sejumlah pilihan dari mana pengunjung harus memilih.
Kadang-kadang, pilihan proses awal dapat menentukan pilihan yang, atau tidak, tersedia dalam
proses selanjutnya. Pilihan sekunder
ini disebut dependent pilihan (disebut juga pilihan saringan). Sebagai contoh, mungkin kami menawarkan pengiriman tarif murah dan satu hari pengiriman hanya untuk lokasi-lokasi
di sebelah timur Sungai Mississippi.
jika pelanggan memilih
"barat Mississippi"
bukan, maka pengiriman satu hari tidak ditawarkan
sebagai pilihan dalam pemilihan yang
berikut, seperti yang ditunjukkan pada
Gambar 8.2.
Pada dasarnya, jika pengunjung tidak
diperbolehkan untuk memilih opsi,
Anda harus menghapusnya; sebagai
gantinya, saring apapun pilihan
yang menjadi tidak relevan karena
pilihan sebelumnya. Karena
penyaringan pilihan tergantung pada halaman yang sama sebagai pilihan awal dapat melibatkan beberapa program yang agak rumit, sering kali lebih mudah untuk menempatkan tergantung pilihan
pada halaman
berikutnya, seperti yang akan kita lihat dalam sedikit ketika
kita melihat wizards. Kita akan melihat masing-masing dari tiga kontrol pilihan yang
telah ditetapkan sebelum pindah ke
kategori kontrol
umum berikutnya,
kontrol teks.
Radio
Buttons
Tombol radio (atau pilihan buttons in terminologi
Microsoft) digunakan dalam
pilihan situasi tunggal, yaitu, hanya satu pilihan diperbolehkan dari pengelompokan
alternatif terkait. (Pikirkan "Pilih salah satu dari pilihan berikut.") gambar 8.3 menunjukkan kelompok tombol radio untuk
memilih satu tahun di sekolah. Tombol radio adalah lingkaran, sedangkan HTML centang (datang
segera) adalah persegi.
Ini sangat penting untuk tombol
radio visual entah
bagaimana, sehingga jelas yang unsur-unsurnya dikelompokkan. Pada gambar 8.4 menunjukkan, menyelesaikan ini dengan menggunakan sebuah baris header menonjol antara
kelompok-kelompok tombol radio. Metode
lain akan menggunakan <field set>. Setidaknya, memberikan spasi ekstra
sekitar kelompok radio.
Checkbox
Checkbox mirip
dengan tombol radio, tapi mereka digunakan ketika pilihan adalah tidak
eksklusif satu sama lain. Artinya, pengunjung dapat memilih beberapa item dari
dalam grup kotak centang. (Pikirkan "Pilih semua yang berlaku.").
Gambar 8.5
menunjukkan kelompok checkbox setelah pengguna telah membuat satu
pilihan. Perhatikan bahwa kotak centang yang, seperti yang Anda duga, sebuah
kotak persegi.
Kode di sidebar
menunjukkan centang dikelompokkan tetapi centang juga bisa
digunakan secara individual. Contoh klasik tunggal, biner
"ya/tidak" kotak centang adalah salah satu yang kita semua temui: tipe kecil, otomatis
diperiksa, "Ya, saya ingin menerima penawaran khusus, atau dikenal sebagai spam"
pertanyaan yang diajukan oleh begitu banyak websitus. (Worded sedikit kurang
terang, tentu saja).
Seperti dengan
tombol radio, kotak centang dalam perbatasan dan / atau memberikan tambahan
ruang putih antara kelompok dan elemen halaman lainnya
membantu untuk menunjukkan bagaimana
kotak centang yang terkait. Setiap daftar vertikal kotak centang harus menyesuaikan dengan tepat, satu di atas yang lain.
kotak centang yang terkait. Setiap daftar vertikal kotak centang harus menyesuaikan dengan tepat, satu di atas yang lain.
Daftar Box
Ketika pilihan
begitu banyak yang tombol radio atau kotak centang akan mengambil
terlalu banyak ruang di layar, kita malah dapat
menerapkan daftar kotak. kotak daftar biasanya digunakan untuk pilihan seperti negara, negara,
atau tanggal, serta untuk melompat menu. Gambar 8.6
menunjukkan drop-down box yang khas, pertama karena menampilkan
pada beban halaman, dan kemudian karena akan ditampilkan
ketika pengunjung telah mengklik panah "Down ".
Kotak daftar memang
mengganggu banyak pengguna. Kebanyakan dari kita akan lebih suka memasuki
dua karakter singkatan negara dalam kotak teks daripada
bergulir melalui panjang daftar negara (terutama jika kita hidup di Wyoming). Namun
demikian, kotak daftar benar-benar menjamin bahwa setiap masukan yang disampaikan adalah
pilihan yang valid. Itu saja membuat kotak daftar
layak faktor gangguan mereka.
Pikirkan baik-baik
tentang urutan item daftar. Menyajikan item dalam alphabetikal atau perintah
numerik adalah solusi yang paling jelas. Namun, dalam situasi di mana
beberapa elemen dalam daftar yang dipilih jauh lebih
sering dari pada yang lain, dapat membuat akal untuk memindahkan pilihan ke bagian atas daftar, dan
mungkin bahkan menentukan salah satu yang paling umum sebagai default yang dipilih.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang berbasis di
Amerika Serikat mungkin menunjukkan AS sebagai default di
bagian atas daftar, seperti yang ditunjukkan pada
gambar 8.7. Meski begitu, para ahli kegunaan dibagi dalam
masalah ini, dengan beberapa menyarankan bahwa perintah standar dengan pilihan
default dipilih adalah ide yang lebih baik.
Sebuah kotak daftar dapat
diimplementasikan sebagai daftar drop-down
atau sebagai daftar yang dapat digulir.
Mari kita lihat
di masing-masing.
di masing-masing.
Drop-down List Box
Jika Anda menetapkan size = "1",
yang sebenarnya adalah default pada
tag <select>, hanya satu Pilihan awalnya
ditampilkan dalam kotak daftar, dan sisanya dari daftar
turun ke bawah ketika pengunjung mengklik pada panah scroll, seperti yang Anda lihat pada gambar 8.6. Item
pertama
biasanya bukan pilihan yang valid, melainkan penjelasan, karena di sini dengan "Pilih satu ...". The HTML yang membuat daftar ini sebagai drop-down adalah sebagai berikut:
biasanya bukan pilihan yang valid, melainkan penjelasan, karena di sini dengan "Pilih satu ...". The HTML yang membuat daftar ini sebagai drop-down adalah sebagai berikut:
<select name="hobbies" id="hobbies"
size="1">
Scrollable List Box
Sebuah ukuran yang lebih
besar dari "1" menyediakan
kotak scrollablelist, dengan size attribute yang menghalangi-pertambangan berapa banyak pilihan menunjukkan awalnya. Pilihan yang
tersisa dapat diakses oleh
bergulir. Gambar 8.8shows
kotak daftar dengan size = "5":
<select name="hobbies" id="hobbies" size="5">
<select name="hobbies" id="hobbies" size="5">
Multiple-pilihan
List box
Jika multiple attribute termasuk dalam tag <select>,
apakah drop-down atau
digulir, pengunjung dapat memilih beberapa elemen dari daftar, seperti yang ditunjukkan pada
Gambar 8.9. Satu-satunya
perubahan dari HTML pada contoh sebelumnya disorot dalam tag <select> ini:
<select name="hobbies" id="hobbies" size="5" multiple>
<select name="hobbies" id="hobbies" size="5" multiple>
Kombinasi size =
"1" dan multipleattribute, seperti ini:
<select name="hobbies"
id="hobbies" size="1" multiple>
Perubahan perilaku
tag <select>. Alih-alih menampilkan daftar drop-down dari semua atribut,
karena biasanya jika size = "1", daftar ini digulir dengan hanya satu
item yang menunjukkan pada suatu waktu, seperti pada Gambar 8.10. Karena
melihat hanya satu item pada suatu waktu adalah sesak dengan pengunjung,
biasanya lebih baik untuk menentukan ukuran pada setidaknya tiga atau empat
item.
Pengelompokan List Box Pilihan di Bawah
Header
Item <option> individu
dalam <select> dapat
dikelompokkan di bawah khusus untuk-kusut, sundulan
non selectable menggunakan wadah
<optgroup>. Misalnya, dalam
gambar 8.11, baik "Hobi" maupun "Olahraga" garis dipilih.
Single-line
Area Text Input
Single-line daerah
input teks ditentukan dengan tag <input />, seperti ini :
< input type = "text" name = "kota"
id = "kota" value = "Chicago "
maxlength = "30"
size = "20" / >
Nilai pilihan atribut memberikan nilai default yang tidak hanya ditampilkan di
area input pada beban halaman, tetapi juga diajukan untuk
field kecuali pengunjung lain perubahan itu. Luas opsional atribut menentukan jumlah karakteristik pengunjung
akan diizinkan untuk masuk.
Ukuran command
opsional menentukan ruang horisontal area masukan diperlukan di
layar. Biasanya, panjang visual lapangan harus mencerminkan
yang sebenarnya. Ini akan menjadi konyol untuk mengharapkan pengunjung untuk memasukkan nama last full
(maxlength = "25") di daerah masukan yang
tampaknya hanya 6 karakter (size = "6"),
seperti pada gambar 8.12. Meskipun field gulir untuk memungkinkan masuknya penuh 25 karakter,
pengguna bisa melihat hanya sedikit karakter pada satu waktu, yang membuatnya sulit untuk
mengetahui apakah dia memasukkan teks dengan benar.
Sebaliknya,
itu sama-sama pantas untuk menyediakan pengunjung dengan 25 ukuran
karakter untuk sembilan digit kode pos, seperti dalam kolom input
bawah pada Gambar 8.12.
Bagaimana jika
beberapa pengunjung harus jauh lebih dari pada karakter khas untuk sebuah tertentu
masukan field? Misalnya, sebagian besar nama-nama
terakhir dapat dengan mudah diakomodasi
dalam 15 karakter. Namun, pengunjung yang langka mungkin perlu 25 karakter. Kita mungkin enggan untuk mencurahkan ruang layar ekstra untuk mengakomodasi entri-entri lama langka.
dalam 15 karakter. Namun, pengunjung yang langka mungkin perlu 25 karakter. Kita mungkin enggan untuk mencurahkan ruang layar ekstra untuk mengakomodasi entri-entri lama langka.
Solusi kompromi
adalah untuk mengatur size yang mengakomodasi mayoritas entri
dan maxlength yang menampung orang-orang lagi. Sebagai contoh, kita bisa mengatur
size bidang terakhir - nama hingga 15 karakter dan maxlength
25 karakter. Spesifikasi tersebut akan mengizinkan sebagian besar pengunjung untuk memasukkan
nama mereka tanpa scroll, sedangkan pengunjung dengan nama lagi akan ditampung
oleh bergulir.
Tapi meskipun
kita biasanya ingin ukuran visual area masukan untuk mencerminkan
perkiraan jumlah karakter yang diperbolehkan di lapangan,
itu bisa kacau untuk membuat setiap bidang panjang yang berbeda. Dalam gambar 8.13,
bentuk di sebelah kiri tidak memiliki visual yang
koherensi karena sisi kanan field input tidak berbaris
dengan satu sama lain. Bentuk di sebelah kanan jauh lebih menyenangkan secara
visual, karena bidang yang sama panjang bila memungkinkan. Tampaknya kita harus temukan kompromi antara indikator panjang lapangan secara akurat dan membuat bentuk
estetis menarik, atau paling tidak kacau.
Tanda Baca dan Formatting
dalam Kontrol Input Teks
Jika field tanda baca telah
tertanam di dalamnya, seperti tanda
hubung, garis miring, atau spasi,
itu baiknya untuk
menunjukkan format itu, atau setidaknya memberikan beberapa indikasi
ke pengguna untuk
format yang kita harapkan. Misalnya, gambar 8.14 menunjukkan beberapa
cara membimbing pengunjung untuk memasukkan tanggal dengan benar.
cara membimbing pengunjung untuk memasukkan tanggal dengan benar.
Baris pertama pada
Gambar 8.14 agak bermasalah. Meskipun melestarikan keystroke karena
menghilangkan tanda baca, bahwa tanda baca dihilangkan bisa membantu dalam
memverifikasi akurasi entri data. Misalnya, itu jauh lebih mudah bagi pengunjung untuk
mengecek nomor telepon ketika sepertinya 815-555-1212 dari
pada 8155551212. Mungkin saja bahwa dalam upaya untuk "memberi makan"
kebutuhan web – mengunjungi masyarakat sibuk untuk
mendapatkan segala sesuatu dilakukan dengan cepat, kita
mengorbankan akurasi demi menyelamatkan orang-orang
beberapa penekanan tombol.
Alternatif lain
adalah untuk memungkinkan pengunjung untuk memasukkan data dengan cara apapun
yang mereka suka, sementara
kita menggunakan bahasa scripting seperti Java Script untuk memformat dan menampilkan kembali data dalam format pilihan kami, termasuk tanda baca. Misalnya, pengunjung bisa memasuki nomor telepon di salah satu format yang dapat diterima berikut :
kita menggunakan bahasa scripting seperti Java Script untuk memformat dan menampilkan kembali data dalam format pilihan kami, termasuk tanda baca. Misalnya, pengunjung bisa memasuki nomor telepon di salah satu format yang dapat diterima berikut :
a.
8155551212
b.
(815)
555-1212
c.
815-555-1212
d.
815.555.1212
Kami kemudian akan
menampilkan kembali lapangan dalam baru, diedit format sehingga pengunjung
dapat melihat bahwa lapangan dimasukkan dengan benar. Misalnya, jika pengunjung mengetik
8155551212, yang sistem mungkin menampilkan kembali 815.555.1212.
Meskipun banyak
ahli menganjurkan kegunaan seperti entry bentuk bebas, banyak pengunjung yang
dimengerti bingung ketika mereka menemukan sebuah field
input yang tidak menyediakan
petunjuk format sama sekali. Kebingungan tersebut cenderung membuat jeda pengunjung, yang mengalahkan prinsip-prinsip yang sangat kegunaan yang merekomendasikan bentuk-bebas masuk di tempat pertama.
petunjuk format sama sekali. Kebingungan tersebut cenderung membuat jeda pengunjung, yang mengalahkan prinsip-prinsip yang sangat kegunaan yang merekomendasikan bentuk-bebas masuk di tempat pertama.
Menyembunyikan
Input Data pada Layar Kadang-kadang, area teks satu baris harus dilindungi
sehingga seseorang melihat dari atas
bahu pengunjung tidak dapat membacanya. Misalnya, kita biasanya tidak menampilkan kata pas pada layar di mana mereka dapat dibaca oleh pengamat apapun. Dalam kasus seperti itu, Anda menggunakan type = "password" pada tag <input /> untuk menampilkan tanda bintang atau titik bukan karakter sebenarnya sedang dimasukkan oleh pengguna. Perhatikan bahwa type = "password" tidak melindungi atau mengenkripsi data dengan cara apapun, hanya menyembunyikan itu di layar.
bahu pengunjung tidak dapat membacanya. Misalnya, kita biasanya tidak menampilkan kata pas pada layar di mana mereka dapat dibaca oleh pengamat apapun. Dalam kasus seperti itu, Anda menggunakan type = "password" pada tag <input /> untuk menampilkan tanda bintang atau titik bukan karakter sebenarnya sedang dimasukkan oleh pengguna. Perhatikan bahwa type = "password" tidak melindungi atau mengenkripsi data dengan cara apapun, hanya menyembunyikan itu di layar.
Nilai default untuk Kontrol Text Input
Sebuah entri
default untuk nilai atribut dapat menyimpan keystrokes pengguna dalam kasus-kasus
di mana ada satu nilai yang mungkin yang jauh lebih umum
daripada yang lain. Katakanlah
bahwa 90% dari pengunjung kami berasal dari Chicago. Jika kita memberikan "Chicago" sebagai nilai default untuk kota tempat tinggal, kita menghemat 90 % dari pengguna kami harus mengetikkan yang masuk tradeoff di sini adalah bahwa non orang Chicago kami harus pergi ke kesulitan menghapus "Chicago" dari lapangan sebelum memasuki nilai yang berbeda. Oleh karena itu, mungkin lebih baik untuk menggunakan default hanya jika itu berlaku untuk 80 % atau lebih dari pengunjung kami.
Ini membuat penggunaan kemungkinan valueattribute untuk memberikan petunjuk kepada pengunjung tentang apa yang harus masuk di lapangan, seperti pada gambar 8.15. Namun, praktik ini tidak banyak direkomendasikan, karena membawa kerugian serius:
bahwa 90% dari pengunjung kami berasal dari Chicago. Jika kita memberikan "Chicago" sebagai nilai default untuk kota tempat tinggal, kita menghemat 90 % dari pengguna kami harus mengetikkan yang masuk tradeoff di sini adalah bahwa non orang Chicago kami harus pergi ke kesulitan menghapus "Chicago" dari lapangan sebelum memasuki nilai yang berbeda. Oleh karena itu, mungkin lebih baik untuk menggunakan default hanya jika itu berlaku untuk 80 % atau lebih dari pengunjung kami.
Ini membuat penggunaan kemungkinan valueattribute untuk memberikan petunjuk kepada pengunjung tentang apa yang harus masuk di lapangan, seperti pada gambar 8.15. Namun, praktik ini tidak banyak direkomendasikan, karena membawa kerugian serius:
a.
Menghapus
petunjuk menambah lapisan lain usaha untuk semua pengunjung dan semua
lebih bagi pengunjung dengan cacat fisik.
b.
Instruksi
hilang setelah pengunjung mulai mengetik nilai baru.
c.
Jika
pengunjung melompati field, instruksi akan diserahkan sebagai nilai
kecuali jika Anda menangkap dan menangani kelalaian yang
dengan script validasi.
Re-memasuki Fields Kritis
Untuk bidang orang penting yang tidak bisa mentolerir jenis kesalahan sama sekali, seperti
memilih password, kita mungkin memerlukan pengunjung baru untuk mengetik lapangan dua kali, karena
cara menangkap sebagian kesalahan ketik. Salah satu cara untuk memastikan bahwa pengunjung tidak mencoba untuk mengakali kita dengan menyalin dan menyisipkan entri pertama ke yang kedua, sehingga mengabadikan setiap kesalahan yang dimasukkan dalam pertama, adalah untuk menempatkan entri kedua pada halaman kedua. gambar 8.16 menunjukkan bagaimana AMCORE Bank mengharuskan pengunjung untuk mengetik ulang sebuah nomor rekening billpayer pada halaman kedua.
cara menangkap sebagian kesalahan ketik. Salah satu cara untuk memastikan bahwa pengunjung tidak mencoba untuk mengakali kita dengan menyalin dan menyisipkan entri pertama ke yang kedua, sehingga mengabadikan setiap kesalahan yang dimasukkan dalam pertama, adalah untuk menempatkan entri kedua pada halaman kedua. gambar 8.16 menunjukkan bagaimana AMCORE Bank mengharuskan pengunjung untuk mengetik ulang sebuah nomor rekening billpayer pada halaman kedua.
Multi-saluran Area Text Input
Seringkali, input teks tidak
dapat dibatasi hanya satu baris,
perlu menjadi setara
paragraf teks, seperti pada gambar
8.17. Berikut HTML:
Cols
attribute ini menentukan lebar perkiraan lapangan,
sementara rowsdictates ketinggian kotak. Jika pengunjung masuk lebih karakter
daripada yang dapat ditampilkan dalam yang cols attributes rows and ditentukan, scrollbar akan muncul secara otomatis
sehingga ia
dapat terus memasukkan teks. Perlu diingat bahwa browser mengalokasikan ruang untuk scrollbar dalam <textarea> bahkan tidak diperlukan.
dapat terus memasukkan teks. Perlu diingat bahwa browser mengalokasikan ruang untuk scrollbar dalam <textarea> bahkan tidak diperlukan.
The wrap
attribute opsional menentukan apakah teks dibungkus dalam
diberikan ruang dan apakah tombol enter yang disampaikan bersama dengan lapangan. Karena
wrap attribute tidak termasuk dalam standar HTML resmi,
beberapa browser lama tidak mendukungnya. Browser modern, bagaimanapun,
tampaknya telah menetap di tiga nilai dimungkinkan untuk atribut ini :
a.
lunak
(default): teks secara otomatis membungkus sebagai jenis pengguna, tetapi
enter otomatis dimasukkan tidak tertanam di lapangan
ketika itu disampaikan ke server.
b.
keras:
Kata bungkus diaktifkan, sama seperti halnya dengan
lembut, tapi sekarang kembali pembawaan dimasukkan disampaikan dengan lapangan.
c.
off
: kata bungkus dimatikan, sehingga area teks terus gulir ke
kanan sebagai jenis pengunjung. Hanya jika pengunjung menekan kembali atau enter apakah
kursor drop down ke baris berikutnya.
Tag <textarea>
memiliki kegunaan lain, di luar menangkap masukan pengunjung, tetapi juga dapat
digunakan untuk menampilkan teks informasi yang perlu
gulir. Sebagai contoh, lisensi perangkat lunak
perjanjian sering ditampilkan menggunakan tag <textarea>, dimana pengunjung mempekerjakan scrollbar untuk membaca perjanjian ( harus ia benar-benar memilih untuk membaca lisensi perangkat lunak, yaitu). Gambar 8.18 menunjukkan seperti contoh. ketika digunakan
untuk menampilkan teks, daripada input, kita dapat menambahkan read only attribute untuk tag sehingga pengunjung tidak dapat mengubah teks yang ditampilkan.
perjanjian sering ditampilkan menggunakan tag <textarea>, dimana pengunjung mempekerjakan scrollbar untuk membaca perjanjian ( harus ia benar-benar memilih untuk membaca lisensi perangkat lunak, yaitu). Gambar 8.18 menunjukkan seperti contoh. ketika digunakan
untuk menampilkan teks, daripada input, kita dapat menambahkan read only attribute untuk tag sehingga pengunjung tidak dapat mengubah teks yang ditampilkan.
3.
FORMULIR PENYELESAIAN
Kami biasanya
menggunakan JavaScript untuk memvalidasi data secara lokal pada klien sebanyak
dimungkinkan, untuk memastikan bahwa kita tidak menyerahkan data jelas tidak
valid. Hanya setelah
Data divalidasi kita mengirimkan itu ke server web. Mari kita lihat pertama pada spesifik untuk memvalidasi data, dan kemudian menentukan pada tombol Submit.
Data divalidasi kita mengirimkan itu ke server web. Mari kita lihat pertama pada spesifik untuk memvalidasi data, dan kemudian menentukan pada tombol Submit.
Form Validasi
Validasi pada klien
umumnya terbatas pada kelengkapan dan format. Untuk
Misalnya, kita mungkin memvalidasi nomor pelanggan untuk
memastikan itu tidak kosong, yang itu semua numerik, yang berisi jumlah yang tepat dari
angka, dan bahwa itu adalah dalam rentang yang diijinkan tertentu. Apa yang kita tidak bisa
lakukan
dari dalam dokumen HTML adalah
membuat yakin bahwa sejumlah pelanggan cocok dengan jumlah pelanggan yang sudah ada
dalam basis data, validasi tersebut akan membutuhkan query server-side ke
database pelanggan.
Idealnya, kita memvalidasi
setiap field secepat fokus bergerak jauh dari itu setelah itu
telah berubah. Dengan begitu, kami dapat menyediakan
pesan kesalahan dan memungkinkan pengunjung
untuk memasukkan kembali data segera, sebelum bergerak
maju. Setelah seluruh formulir adalah disampaikan, semua data harus divalidasi lagi untuk
menangkap apapun yang diperlukan field yang pengunjung mungkin telah terlampaui.
Situs web seperti
http://javascript.internet.com menyediakan script gratis bagi banyak kesamaan
memvalidasi tugas. Misalnya, Anda mungkin menemukan
script untuk memvalidasi alamat email, memeriksa kode pos yang valid, atau menanggalkan ruang
kelebihan dari entri teks.
Hal penting untuk
diingat adalah bahwa setiap upaya untuk kesalahan format perangkap yang tepat
jauh dapat menghemat perlu (dan dalam beberapa kasus
mahal) terhadap pertanyaan server –side Database. Yang terbaik untuk menangkap dan memperbaiki
banyak kesalahan sebanyak mungkin, secepat dimungkinkan, sedangkan pengunjung
masih pada halaman. Kita akan membahas bersaing dengan kesalahan-kesalahan
di bagian Dukungan pengunjung.
di bagian Dukungan pengunjung.
Tombol
Submit
Tombol submit,
tentu saja, menyerahkan formulir dan semua datanya menggunakan perlakuan
dan metode yang
spesifikasi dalam tag
<form>. Tombol dapat berupa standar, browser dihasilkan tombol Submit,
atau tombol kustom yang dibuat dalam program editing gambar.
Gambar 8.19 menunjukkan contoh masing-masing, dan sidebar ulasan HTML
Gambar 8.19 menunjukkan contoh masing-masing, dan sidebar ulasan HTML
Menghindari
Beberapa Submissions
Apakah menggunakan
browser yang disediakan atau custom tombol Submit, kita tidak ingin
membentuk akan sengaja disampaikan beberapa kali. Kita
semua telah melihat halaman web yang
memperingatkan pengunjung untuk tidak mengklik sebuah tombol Submit dua kali. Sayangnya, jika pengajuan Dibutuhkan lebih dari sekedar satu atau dua detik, pengunjung dibiarkan bertanya-tanya apakah klik benar-benar terdaftar. Pada saat yang sama, dia takut untuk mengklik untuk kedua kalinya - setelah semua, dia telah memperingatkan konsekuensi jika dia klik yang kedua kalinya. Hanya berapa lama pengunjung menunggu dalam kasus seperti ini ?
memperingatkan pengunjung untuk tidak mengklik sebuah tombol Submit dua kali. Sayangnya, jika pengajuan Dibutuhkan lebih dari sekedar satu atau dua detik, pengunjung dibiarkan bertanya-tanya apakah klik benar-benar terdaftar. Pada saat yang sama, dia takut untuk mengklik untuk kedua kalinya - setelah semua, dia telah memperingatkan konsekuensi jika dia klik yang kedua kalinya. Hanya berapa lama pengunjung menunggu dalam kasus seperti ini ?
Ada dua cara yang mudah
digunakan untuk menghindari
menyebabkan pengunjung kami semacam ini kecemasan :
a.
Segera
meyakinkan pengunjung dengan umpan balik bahwa bentuk sedang dalam proses
menjadi disampaikan, sering dilakukan dengan beberapa jenis animasi kecil. Ini
adalah cara yang bagus, di bawah kondisi apapun, dari meyakinkan pengunjung bahwa ada
sesuatu yang memang terjadi.
b.
Gunakan
JavaScript untuk menonaktifkan tombol Submit setelah itu diklik, sehingga
mencegah pengajuan ganda. Lihat sidebar untuk kode.
Atur Ulang Buttons
Ulang tombol
kontrol jelas bentuk itu kembali ke nilai awal mereka pada beban halaman. Seperti
Tombol submit, ulang tombol dapat browser disediakan atau
kustom. Lihat sidebar untuk kode .
Banyak ahli
kegunaan berpendapat bahwa kita seharusnya tidak pernah, pernah, gunakan tombol
Reset, melainkan terlalu mudah bagi pengunjung untuk memukul sengaja, sehingga kliring
beberapa menit
entri data. Dan seberapa sering pengunjung sengaja ingin menghapus seluruh? Jarang, tampaknya. Sebagian besar waktu, pengunjung yang ingin mengetik ulang satu atau dua tapi hampir tidakpernah lapangan perlu mengetik ulang bentuk keseluruhan. Selain itu, memukul browser "refresh" tombol akan melayani fungsi yang sama sebagai tombol Reset.
entri data. Dan seberapa sering pengunjung sengaja ingin menghapus seluruh? Jarang, tampaknya. Sebagian besar waktu, pengunjung yang ingin mengetik ulang satu atau dua tapi hampir tidakpernah lapangan perlu mengetik ulang bentuk keseluruhan. Selain itu, memukul browser "refresh" tombol akan melayani fungsi yang sama sebagai tombol Reset.
Jika Anda merasa
perlu untuk menyertakan sebuah tombol Reset, menggunakannya dengan hati-hati,
dan setidaknya Pastikan untuk menggunakan JavaScript untuk menangkap acara ulang untuk
bertanya, "Apakah Anda yakin ...?", demikian
double pemeriksaan
pengunjung sebelum
dia melakukan sesuatu yang tidak dapat diubah.
Submit dan Reset Tombol Petunjuk
Submit dan tombol Reset
harus mudah untuk dilihat, dan harus terkait dengan form kontrol. Dalam setiap situasi di mana
pengguna harus memilih antara dua atau
tombol tindakan yang lebih, seperti Submit dan Reset,
pastikan untuk posisi yang lebih aman atau
tindakan positif di sebelah kiri, dan tindakan berisiko
atau lebih negatif di sebelah kanan. Juga pastikan lahan fokus default pada lebih aman dari dua
tindakan
tersebut, dalam hal
pengunjung memasukkan tanpa memperhatikan pilihan yang ditawarkan.
Setiap kali disebut akan ada konsekuensi yang tidak dapat diubah untuk tindakan seorang pengunjung
("fungsi kursi ejector"), pastikan untuk
mengkonfirmasi bahwa tindakan adalah apa yang benar-benar
dimaksudkan. Sebagai contoh, tidak pernah menghapus
account, mengirimkan perintah, atau mengubah data kritis dalam database tanpa meminta terlebih dahulu,
"Apakah Anda yakin ingin ______" (isi
kosong, tentu saja, dengan deskripsi dari tindakan kritis).
kosong, tentu saja, dengan deskripsi dari tindakan kritis).
Setelah formulir
sudah diserahkan ke server, pengunjung diyakinkan jika server
mengirimkan kembali halaman respon yang menampilkan kembali
informasi yang dimasukkan. Dengan cara itu,
mereka dapat memeriksa bahwa informasi yang mereka dimaksudkan untuk memberikan tidak hanya dimasukkan dengan benar, tetapi juga diterima dengan benar oleh situs web.
mereka dapat memeriksa bahwa informasi yang mereka dimaksudkan untuk memberikan tidak hanya dimasukkan dengan benar, tetapi juga diterima dengan benar oleh situs web.
4.
STRUKTUR TRANSAKSI
Pada bagian
Arsitektur Site dari Bab 2, kita melihat menciptakan sebuah hirarki
atau organisasi berurutan untuk halaman terpisah ke dalam
arsitektur situs intuitif. Salah satu tugas yang diidentifikasi adalah untuk
mengkategorikan informasi dan kemudian menggunakan kategori tersebut
untuk membagi konten ke halaman individual. Sekarang kami
bekerja dengan bentuk masukan. Namun, kita perlu memutuskan bagaimana membagi struktur
transaksi di masing-masing halaman. Sebagai contoh, jika kita memiliki interaksi
yang membutuhkan banyak informasi dari pengunjung, sebaiknya transaksi dipecah
menjadi beberapa halaman, satu halaman per langkah, atau harus seluruh interaksi berlangsung
pada satu halaman? Keputusan disini adalah antara menggunakan struktur penyihir atau
struktur panel kontrol, yang keduanya adalah pilihan yang sah, tergantung pada keadaan.
Wizards
Sebuah wizardis itu linear, interaksi langkah demi
langkah yang memuat satu halaman per langkah, dalam
urutan yang didefinisikan. Sebagai contoh, sebuah wizard untuk
menempatkan pesanan mungkin hadir satu halaman
untuk meninjau item yang saat ini dalam keranjang belanja,
halaman lain untuk memasukkan pengiriman informasi, dan satu lagi halaman untuk memasukkan
informasi pembayaran. Lihat tiga halaman pertama wizard checkout Amazon pada gambar 8.20.
Wizards memiliki
keunggulan tertentu :
a.
Seluruh
proses tampaknya kurang besar untuk pengunjung dari
versi satu halaman. Setelah semua, ketika dihadapkan dengan tunggal, panjang,
rumit, bentuk bergulir, pengunjung terikat untuk bertanya-tanya apakah itu
benar-benar layak usaha. Jika kita menyembunyikan beberapa
bahwa kompleksitas awalnya, pengunjung lebih mungkin
untuk melanjutkan.
b.
Wizards
yang ideal untuk proses dimana
beberapa langkah tergantung pada sebelumnya
pilihan. Misalnya, proses sign-in (Langkah
2) pada gambar 8.20. Seorang pengunjung kembali membutuhkan proses yang
agak berbeda dari pengunjung baru, karena baru
pengunjung perlu mendaftar. Dengan wizard seperti ini,
halaman berikutnya (mendaftar dibandingkan tidak perlu mendaftar, dalam kasus ini)
dapat bergantung pada pilihan sebelumnya.
c.
Wizards
memastikan bahwa tidak ada langkah-langkah yang melewatkan atau diselesaikan
rusak, karena pengunjung tidak bisa bergerak maju sampai langkah saat ini berhasil
diselesaikan.
d.
Kesalahan
dilaporkan sementara pengunjung masih terfokus pada langkah tertentu dalam
proses.
e.
Wizards
ideal bagi pengunjung yang tidak teknis cerdas atau yang melakukan
diberikan tugas hanya sesekali.
Tapi tentu saja ada beberapa kelemahan juga :
a.
Melanggar
interaksi di beberapa halaman memerlukan beberapa beban halaman,
meskipun yang setidaknya agak diimbangi oleh kenyataan
bahwa setiap halaman yang lebih kecil download lebih cepat dari satu halaman panjang.
b.
Wizards
tampak membosankan, rumit, dan merendahkan untuk pengunjung yangsudah akrab
dengan proses.
Panel Kontrol
Alih-alih
menggunakan struktur penyihir, kita bisa menempatkan seluruh interaksi pada
satu (mungkin
panjang) halaman, yang disebut panel kontrol. Gambar 8.21
memperlihatkan bagian dari Dell
kontrol panel untuk mengkonfigurasi komputer kustom. Keunggulan dan kerugian adalah, untuk sebagian besar, kebalikan dari yang tercantum untuk penyihir; panel kontrol setelan pengunjung yang akrab dengan proses dan ingin menyelesaikan tugas mereka sebagai
secepat mungkin. Perhatikan bahwa layar konfigurasi kustom Dell mungkin akan untuk digunakan terutama oleh pelanggan savvy-komputer pelanggan tetap akan lebih cenderung untuk membeli, sistem yang tidak disesuaikanr.
kontrol panel untuk mengkonfigurasi komputer kustom. Keunggulan dan kerugian adalah, untuk sebagian besar, kebalikan dari yang tercantum untuk penyihir; panel kontrol setelan pengunjung yang akrab dengan proses dan ingin menyelesaikan tugas mereka sebagai
secepat mungkin. Perhatikan bahwa layar konfigurasi kustom Dell mungkin akan untuk digunakan terutama oleh pelanggan savvy-komputer pelanggan tetap akan lebih cenderung untuk membeli, sistem yang tidak disesuaikanr.
Pilihan Dependent (dibahas
sebelumnya pada kontrol input) lebih sulit untuk
program untuk kontrol
dibandingkan untuk wizard. Sebagai contoh, hanya ada satu HTML satunya cara untuk
menangani pengunjung yang kembali terhadap situasi pengunjung baru diperiksa terlebih
dahulu. Anda harus menyajikan semua
informasi untuk kedua pengunjung pada halaman yang sama,
yang bisa berfungsi untuk membingungkan kedua penonton.
5.
Tata Letak Form Masukan Halaman
Setelah memutuskan
antara wizard dan kontrol panel, kita perlu merancang layout
untuk setiap halaman. Bab 4 diperiksa pedoman untuk tata
letak halaman pada umumnya, termasuk karakteristik garis, warna, grid, dan ruang
putih untuk membuat halaman koheren visual. Namun demikian, kita perlu mempelajari beberapa tambahan
halaman - layout
keprihatinan khusus untuk bentuk masukan.
keprihatinan khusus untuk bentuk masukan.
Mengontrol Fokus Kursor dan Tab Order
Sebuah bentuk
kontrol dikatakan memiliki focusif kursor sedang beristirahat diatasnya. Bentuk
kontrol naturally memperoleh fokus mengikuti urutan lokasi mereka pada kode
HTML kode.
Misalnya, nilai default dalam kontrol di gambar 8.22A
menunjukkan bagaimana tombol tab, secara default, melintasi bentuk kontrol kiri
ke kanan, kemudian ke atas bawah. Sebagian besar waktu, urutan ini adalah cara kita
ingin dan mengharapkan pengunjung untuk kemajuan melalui formulir, karena itulah bagaimana
sebagian besar dunia barat membaca.
Tapi kadang-kadang,
seperti disini bahwa tatanan alam tidak masuk akal, dan
kita mungkin perlu melanggarnya. Kami ingin pengunjung untuk kemajuan vertikal ke bawah
kiri kolom
sebelum pergi ke bagian atas kanan, seperti dalam Gambar 8.22B.
Kita bisa mendikte
urutan tab non -default ini dengan menetapkan tabindexvalue untuk masing-masing
bentuk elemen yang terkena dampak, seperti ini :
<input type="text"
tabindex="n"name="billAddress" id="billAddress"
/>
Saat
kemudian halaman, kursor pada awalnya diposisikan pada kontrol dengan nilai terendah tab index lebih besar dari nol. Kursor kemudian berkembang melalui mengingat kontrol agar dengan naik tab
index. Elemen kurang tabindexor dengan
a tab index of nol datang terakhir dalam urutan tabbing, agar lokasi
mereka di kode sumber HTML dokumen. (Di Internet Explorer, angka negatif menghapus
item dari urutan tabbing seluruhnya.)
Sidebar ini menunjukkan HTML untuk "kolom pertama"
order tabbing Gambar 8.22B, dengan meja tata letak sekitarnya, format, dan atribut
yang tidak relevan dihapus karena demi kesederhanaan.
Bahkan jika Anda
tidak perlu menentukan urutan tabbing non-standar, Anda masih bisa mengatur
fokus untuk
kontrol tertentu di mana Anda ingin pengunjung untuk memulai entri data awal.
Sebagai contoh,
bila pengunjung membuka www.google.com, kursor ditempatkan secara otomatis diarea input pencarian, siap dan menunggu untuk pengunjung untuk mengetik dalam frase pencarian. Secara otomatis mengatur fokus ke kontrol bentuk pertama menggambarkan bagaimana beberapa bijaksana
dapat menyimpan pengunjung sebuah keystroke yang tidak perlu atau gerakan mouse.
bila pengunjung membuka www.google.com, kursor ditempatkan secara otomatis diarea input pencarian, siap dan menunggu untuk pengunjung untuk mengetik dalam frase pencarian. Secara otomatis mengatur fokus ke kontrol bentuk pertama menggambarkan bagaimana beberapa bijaksana
dapat menyimpan pengunjung sebuah keystroke yang tidak perlu atau gerakan mouse.
Untuk mengatur
fokus pada beban halaman awal, tambahkan onLoadattribute berikut ke
tag <body> , mengganti bentuk dan nama field Anda
sendiri untuk formNameand field Name :
<body
onLoad="document.formName.fieldName.focus();">
Menyajikan Input Controls Pada Masa Orde Yang Diharapkan
Terlepas dari di
mana kita mengatur fokus, kita harus menyajikan kontrol input dalam urutan
bahwa pengunjung akan mengharapkan untuk melihat mereka.
Sebagai contoh, kita semua akan bingung jika
bentuk meminta kami untuk alamat kami dalam urutan yang ditunjukkan pada Gambar 8.23, karena kita terbiasa format jalan - negara kota -zip standar.
bentuk meminta kami untuk alamat kami dalam urutan yang ditunjukkan pada Gambar 8.23, karena kita terbiasa format jalan - negara kota -zip standar.
Contoh lain dari
melanggar harapan agar pengguna akan meminta
nomor kartu kredit sebelum menampilkan item dalam keranjang dan menghitung pajak dan biaya pengiriman. Setelah semua, pengunjung akan ingin memastikan bahwa pesanan sudah benar sebelum pengisian kartu kredit. Penyimpangan dari urutan masukan bahkan mungkin menyebabkan
dia mempertanyakan apakah situs tersebut benar-benar sah, mungkin itu sebuah situs untuk nomor kartu kredit sebagai gantinya.
nomor kartu kredit sebelum menampilkan item dalam keranjang dan menghitung pajak dan biaya pengiriman. Setelah semua, pengunjung akan ingin memastikan bahwa pesanan sudah benar sebelum pengisian kartu kredit. Penyimpangan dari urutan masukan bahkan mungkin menyebabkan
dia mempertanyakan apakah situs tersebut benar-benar sah, mungkin itu sebuah situs untuk nomor kartu kredit sebagai gantinya.
Jika pengunjung
konsultasi dokumen sumber kertas saat mereka memasuki data, web
Halaman harus menyajikan bidang dalam urutan yang sama
dengan dokumen sumber. untuk Misalnya, sebuah situs yang digunakan untuk mengirimkan already-filled-out-on-paper
bentuk harus mengikuti standar tata letak formulir IRS. (Salah
satu pasti bisa berdebat
bahwa mengubah urutan entri pada formulir IRS mungkin apa-apa selain meningkatkan, tapi itu masalah lain.)
bahwa mengubah urutan entri pada formulir IRS mungkin apa-apa selain meningkatkan, tapi itu masalah lain.)
Chunking Kontrol input menurut Kategori
Kita dapat
menjelaskan struktur form input dengan chunking kontrol berdasarkan kategori. Demikian
pengelompokan adalah sangat menyambut baik dalam tata
letak panel kontrol panjang. Misalnya, pada
Control panel Dell kembali pada Gambar 8.21, judul kategori ("Hard Drive ,""CD/DVD Drives,"dan seterusnya) ditampilkan dengan latar belakang abu-abu pucat, yang juga berfungsi untuk memisahkan setiap kategori dari tetangganya. Pilihan lain untuk visual chunking kategori-kategori termasuk menggunakan perbatasan, <field> tag, dan karakteristik font yang berbeda seperti ukuran dan warna.
Control panel Dell kembali pada Gambar 8.21, judul kategori ("Hard Drive ,""CD/DVD Drives,"dan seterusnya) ditampilkan dengan latar belakang abu-abu pucat, yang juga berfungsi untuk memisahkan setiap kategori dari tetangganya. Pilihan lain untuk visual chunking kategori-kategori termasuk menggunakan perbatasan, <field> tag, dan karakteristik font yang berbeda seperti ukuran dan warna.
6.
Dukungan pengunjung
Secara historis
(artinya, pada dasarnya, pra-web), perancang sistem komputer pergi untuk besar
panjang untuk membuat instruksi yang luas tapi
terpisah dan Bantuan dokumen untuk menyelamatkan
pengguna yang bingung dengan atau yang mengalami kondisi
kesalahan pada komputer mereka. Hari-hari ini, Anda sangat jarang melihat, apalagi
berkonsultasi, halaman Bantuan terpisah di web,
dan pengunjung yang kehilangan kesabaran hanya
meninggalkan situs tersebut dan pindah ke yang lebih mudah
satu. Akibatnya, sering bijaksana untuk menghabiskan
usaha Anda untuk menciptakan intuitif dan mudah digunakan situs daripada petunjuk, bantuan, dan
penanganan kesalahan
yang luas.
Prinsip Dukungan pengunjung
Mari kita
mengingatkan diri sendiri tentang prinsip-prinsip dasar dukungan pengunjung
sebelum kita melanjutkan untuk spesifik.
a.
Praktik
defensif desain. desain yang
baik biasanya menghasilkan masukan yang baik. membaca
bahwa kalimat lagi, perlahan-lahan, dan internalisasi artinya
: Bentuk intuitif struktur dan instruksi membantu dapat pergi jauh ke arah
membimbing pengunjung untuk menggunakan formulir dengan benar, sehingga meminimalkan kebingungan
pengunjung dan penggantinya logis, kesalahan pengunjung (atau sedih dan hanya sebagai hasil logis -
situs ditinggalkan).
b.
Cope
anggun.
Jangan membiarkan masalah dan kesalahan membawa Anda
dengan kejutan atau entah bagaimana menyinggung perasaan Anda dengan
keberadaan mereka. Kita harus menghadapi kenyataan bahwa isu-isu,
meskipun upaya terbaik kami, pasti muncul. Kita akan
berbicara lebih banyak tentang itu dalam bagian Penanganan Kesalahan mendatang.
c.
Kurang
lebih.
Terlalu banyak informasi hanya melayani untuk
membingungkan pengunjung. Jika Anda telah satu potong informasi penting dimakamkan di sebuah
paragraf panjang yang tidak perlu bulu, kemungkinan sebagian besar pengunjung tidak akan
membaca semua itu, dan informasi penting akan tetap diperhatikan. Oleh karena itu, mencoba untuk
menjadi singkat dan menonjol, mengatakan pengunjung hanya
apa yang mereka benar-benar perlu tahu untuk menyelesaikan tugas mereka.
apa yang mereka benar-benar perlu tahu untuk menyelesaikan tugas mereka.
d.
Menyediakan
dokumentasi yang jelas untuk probabilitas, bukan kemungkinan.
Ketika membangun kedua instruksi dan dokumen Bantuan,
kita perlu untuk membedakan antara probabilitas dan kemungkinan. Sebuah
probabilityis sesuatu yang sering terjadi. Memberikan bantuan yang jelas dan instruksi
untuk setiap kemungkinan, mereka hal yang terjadi secara teratur, dapat bermanfaat.
Kemungkinan, di
sisi lain, situasi yang muncul jarang, hanya karena
ada kemungkinan bahwa hal itu mungkin terjadi tidak
berarti ada banyak kesempatan akan. Untuk Misalnya, ada kemungkinan bahwa pengunjung mungkin
sengaja masukkan hanya angka ke dalam
kolom nama pertama. Tapi apakah kita secara eksplisit perlu pesan kesalahan yang unik, hanya untuk menangani nomor di bidang nama? Mungkin tidak. Sebaliknya, pesan kesalahan umum seperti "Masukkan hanya huruf abjad di bidang nama depan" akan cukup untuk semua jenis entri yang tidak valid.
kolom nama pertama. Tapi apakah kita secara eksplisit perlu pesan kesalahan yang unik, hanya untuk menangani nomor di bidang nama? Mungkin tidak. Sebaliknya, pesan kesalahan umum seperti "Masukkan hanya huruf abjad di bidang nama depan" akan cukup untuk semua jenis entri yang tidak valid.
Meskipun sebagai
web designer kami cukup mampu membuang-buang banyak tidur a
malam memikirkan setiap kontingensi, kita harus
berkonsentrasi pada pembuatan kemungkinan terlihat, bukan kemungkinan. Jika tidak, kami
menjalankan risiko membingungkan
pengunjung dengan terlalu banyak informasi. Meskipun kita mungkin masih memutuskan untuk memasukkan beberapa kemungkinan tersebut, mereka harus ditempatkan keluar dari mainstream sehingga
pengunjung normal tidak dipaksa untuk tersandung atas mereka.
pengunjung dengan terlalu banyak informasi. Meskipun kita mungkin masih memutuskan untuk memasukkan beberapa kemungkinan tersebut, mereka harus ditempatkan keluar dari mainstream sehingga
pengunjung normal tidak dipaksa untuk tersandung atas mereka.
Kita sekarang akan
melihat elemen-elemen utama dukungan pengunjung : instruksi, Bantuan halaman,
penanganan umpan balik, dan kesalahan.
Instruksi
Instruksi dapat
sesederhana petunjuk tentang format input field, seperti
menunjukkan "MM/DD/YYYY" berdekatan dengan
field tanggal, atau serumit beberapa kalimat menjelaskan field input tunggal. Di sini,
kita akan berasumsi bahwa instruksi pada
halaman yang sama dengan bidang yang mereka lihat.
Instruksi harus:
a.
akurat
label setiap kontrol form. ( Karena kita sudah membahas seluk-beluk
memilih label yang baik di bagian Arsitektur Site dari
Bab 2, kita tidak akan pengulangan topik di sini.)
b.
Jadilah
di dekat dan secara visual terhubung ke ladang mereka menjelaskan. untuk
Misalnya, menjelaskan format kontrol tanggal beberapa
baris di bawah kontrol sendiri tidak akan konstruktif.
c.
Jadilah
mengganggu, tinggal keluar dari jalan pengunjung ketika tidak diperlukan.
Sebagai contoh, kita tidak boleh secara otomatis pop up jendela terpisah dengan instruksi
bahwa Pengunjung
belum diminta. Hanya pengunjung pertama kali membaca pesan tersebut pula,
dan pengunjung veteran akan terganggu oleh dipaksa untuk
mengabaikan (terjemahan : Gunakan kosakata yang konsisten. Jangan menggambarkan proses
tunggal dalam berbagai cara, seperti sebagai "Masukkan nomor yang diinginkan" di
satu tempat, "Ketik nomor Anda" di tempat lain, dan
"Tekan pilihan numerik Anda" di lain. Jika Anda
tidak konsisten, pengunjung mungkin berpikir bahwa setiap frase yang berbeda mengacu pada
proses yang berbeda.
d.
Jadilah
ringkas dan to the point. Seperti yang kita bahas sebelumnya, TMI (terlalu
banyak informasi) adalah mengabaikan atau berfungsi untuk membanjiri pengunjung. Mengedit
semua instruksi turun ke inti kritis.
e.
Sertakan
titleattribute pada elemen form untuk memberikan petunjuk lebih lanjut tentang
rollover, jika diperlukan.
Dokumen Bantuan
Jika kita
memberikan petunjuk yang memadai pada halaman, pengunjung kami harus memerlukan
bantuan halaman jarang yang terpisah. Namun, beberapa halaman mungkin memiliki tugas yang rumit
untuk melakukan. Ini, kemudian, adalah halaman tertentu yang berteriak
untuk bantuan
dokumen bermakna, terutama bagi pengunjung yang baru atau yang mampir hanya sesekali. Perlu
diingat bahwa pengunjung yang berkonsultasi Bantuan
sering sudah pada titik krisis. Oleh karena itu, kami
perlu sebagai "bermanfaat" dan ringkas mungkin, untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Sistem Bantuan bisa sesederhana halaman Bantuan terintegrasi untuk hanya beberapa tugas situs, atau serumit yang ekstensif diindeks, situs yang terpisah dalam situs yang terdiri dari puluhan, bahkan ratusan, dari halaman. Bantuan dapat berbasis tindakan, seperti
tutorial yang membawa pengunjung langkah demi langkah melalui melakukan tugas-tugas tertentu, atau mungkin berbasis referensi, di mana pengunjung kasus hanya disajikan dengan penjelasannya bangsa topik yang diminta.
perlu sebagai "bermanfaat" dan ringkas mungkin, untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Sistem Bantuan bisa sesederhana halaman Bantuan terintegrasi untuk hanya beberapa tugas situs, atau serumit yang ekstensif diindeks, situs yang terpisah dalam situs yang terdiri dari puluhan, bahkan ratusan, dari halaman. Bantuan dapat berbasis tindakan, seperti
tutorial yang membawa pengunjung langkah demi langkah melalui melakukan tugas-tugas tertentu, atau mungkin berbasis referensi, di mana pengunjung kasus hanya disajikan dengan penjelasannya bangsa topik yang diminta.
Dalam kasus apapun,
Bantuan dapat diakses oleh link pada sistem menu utama, seperti pada Amazon
menu atas horizontal (Gambar 8.24), atau dengan link
kontekstual pada titik krisis itu sendiri,
seperti pada "Lihat tarif pengiriman dan kebijakan"
link di samping berat pengiriman pada halaman buku Amazon (Gambar 8.25). Bantuan kontekstual
biasanya lebih, baik, membantu, karena pengunjung tidak perlu khawatir tentang browsing
atau mencari seluruh bantuan sistem untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, juga
tidak perlu khawatir tentang apa yang
frase pencarian untuk digunakan. Bantuan kontekstual berarti Anda harus membangun halaman Anda untuk menjadi cukup pintar untuk membedakan mana dokumen Bantuan akan sesuai, tergantung
pada apa pengunjung mencoba untuk melakukan.
frase pencarian untuk digunakan. Bantuan kontekstual berarti Anda harus membangun halaman Anda untuk menjadi cukup pintar untuk membedakan mana dokumen Bantuan akan sesuai, tergantung
pada apa pengunjung mencoba untuk melakukan.
Jika dokumentasi
Bantuan terdiri dari lebih dari hanya beberapa halaman, memberikan
meja panas - terkait isi atau peta situs dapat menjadi
penyelamat. Untuk sistem Bantuan yang lebih besar,
fitur pencarian hampir wajib.
Berkala meninjau
log server Anda untuk melihat dokumen Bantuan mengakses
paling sering, dan apa yang pengguna sedang berusaha
untuk melakukan pada saat bantuan dikonsultasikan.
Jika Anda melihat bahwa beberapa tugas menghasilkan
banyak permintaan Bantuan, Anda harus Redesign halaman tersebut untuk membuat mereka lebih mudah
digunakan.
Tanggapan (Umpan Balik)
Pengunjung
menghargai umpan balik yang memberitahu mereka bahwa mereka berada di jalur
yang benar atau bahwa mereka sudah
mengalami kesalahan (meskipun tentu saja mereka menghargai kedua kurang!). Sebagai contoh, jika pengunjung memasukkan informasi pengiriman pada satu halaman dan informasi kartu kredit pada
selanjutnya, situs harus menampilkan kembali semua informasi ini pada halaman konfirmasi sebelum mengirimkan pesanan. Akibatnya, pengunjung diyakinkan bahwa sistem menerima Data karena mereka dimaksudkan untuk memasukinya. Selain itu, jika kesalahan muncul, umpan balik kesalahan dapat memberitahukan pengunjung sesegera mungkin, sementara kesalahan masih mudah diperbaiki.
mengalami kesalahan (meskipun tentu saja mereka menghargai kedua kurang!). Sebagai contoh, jika pengunjung memasukkan informasi pengiriman pada satu halaman dan informasi kartu kredit pada
selanjutnya, situs harus menampilkan kembali semua informasi ini pada halaman konfirmasi sebelum mengirimkan pesanan. Akibatnya, pengunjung diyakinkan bahwa sistem menerima Data karena mereka dimaksudkan untuk memasukinya. Selain itu, jika kesalahan muncul, umpan balik kesalahan dapat memberitahukan pengunjung sesegera mungkin, sementara kesalahan masih mudah diperbaiki.
Apakah pesan itu
positif atau negatif, ada dua jenis umum dari umpan balik : modal dan modeless.
Umpan balik modal membutuhkan respon dari pengunjung
sebelum aliran kegiatan dapat dilanjutkan, seperti kotak
dialog yang mengharuskan pengunjung klik "OK" untuk mengabaikan kotak
sebelum bergerak maju ( seperti pada gambar 8.26 ) .
Sebaliknya, modeless
umpan balik membutuhkan apa-apa dari pengunjung. Contohnya termasuk menggunakan
CSS adalah : link untuk menunjukkan bahwa klik telah
diakui, atau menyediakan animasi kecil yang menunjukkan kemajuan sebagai sebuah file
download. Pengunjung tidak perlu memberhentikan
window ketika aktivitas selesai, aliran transaksi
bergerak ke halaman berikutnya secara otomatis. Terutama ketika aktivitas memerlukan
menunggu lama, umpan balik seperti ini meyakinkan pengunjung bahwa ada sesuatu yang memang
terjadi. Jenis serupa umpan balik, tetapi tidak memerlukan animasi, mungkin
untuk menunjukkan seberapa jauh proses langkah
demi langkah telah berkembang, seperti "Anda sekarang telah selesai
Page Three dari lima halaman.
Karena umpan balik
modal mengganggu aliran kegiatan dan membutuhkan ekstra
upaya respon dari pengunjung, menghindarinya bila
memungkinkan. Misalnya, Anda harus biasanya menghindari muncul kotak dialog untuk melaporkan
kondisi normal, seperti pengakuan dari password yang valid. Sebaliknya, hanya
melanjutkan tugas. Gunakan umpan balik modal
ketika Anda perlu mengganggu aliran dari suatu kegiatan,
baik untuk periksa tindakan ("Apakah Anda yakin ingin menghapus file ini?")
Atau untuk memberitahukan kondisi kesalahan kritis
("Kartu kredit Anda telah kedaluwarsa. Silahkan hubungi perusahaan kartu kredit Anda.").
("Kartu kredit Anda telah kedaluwarsa. Silahkan hubungi perusahaan kartu kredit Anda.").
Penanganan Kesalahan
Kita harus
merancang situs kami untuk mengatasi kesalahan anggun ketika mereka lakukan
terjadi, process disebut desain kontingensi, atau "ketika hal-hal buruk
terjadi pada orang baik ."
Pesan kesalahan
harus:
a.
Jadilah
membantu.
Negara dengan apa kesalahannya, apa implikasinya, dan tepat apa pengunjung harus Anda lakukan untuk memperbaiki masalah.
b.
Jadilah
yang jelas dan bernada dalam bahasa non-teknis yang diakui oleh para pengunjung.
Kesalahan Kode sendiri yang kurang bermanfaat bagi pengunjung, meskipun mereka
mungkin berguna untuk staf pendukung Anda. Bahkan jika kita menampilkan kode kesalahan
untuk penggunaan internal, kita harus menjelaskan kesalahan dengan cara yang dapat dipahami
oleh masyarakat umum. "kami UNIX server tidak mengenali URL dengan spasi
tertanam" tidak hanya mengacaukan, tapi sama sekali tidak membantu. "Silakan gunakan
hanya huruf abjad, angka, dan garis bawah" frame kesalahan yang sama dalam terminologi
bahwa siapa pun dapat memahami
dan memanfaatkan. (Lebih baik lagi, memberitahu mereka sebelum mereka memasukan data.)
dan memanfaatkan. (Lebih baik lagi, memberitahu mereka sebelum mereka memasukan data.)
c.
Menjadi
ringkas. Seperti yang telah kita bahas, informasi asing hanya mengaburkan
informasi penting.
d.
Bersikaplah
sopan, bijaksana, tidak menuduh, dan minta maaf. Pesan kesalahan harus
tidak pernah, menyalahkan pengguna untuk masalah ini,
bahkan halus. Sebaliknya, situs harus
memikul kesalahan. Setelah semua, itu arah kami sudah cukup jelas, kesalahan mungkin tidak akan terjadi sama sekali.
memikul kesalahan. Setelah semua, itu arah kami sudah cukup jelas, kesalahan mungkin tidak akan terjadi sama sekali.
e.
Hindari
menjadi lucu, imut, atau menjengkelkan. Seorang pengunjung pada titik krisis
jarang menghargai humor.
f.
Menonjol
pada halaman, dengan bidang atau item dalam kesalahan disorot entah bagaimana.
Metode Khas menyoroti termasuk kode warna, tanda bintang berwarna, tebal muka,
atau ikon error, seperti tanda seru di segitiga kuning yang digunakan oleh
banyak aplikasi Windows. GAMBAR 8.27shows formulir dengan
kesalahan yang ditunjukkan dengan tanda bintang merah.
Jika, setelah
penyerahan ke server, aplikasi server-side menemukan bahwa data
entah bagaimana dalam kesalahan, ada dua cara untuk
mengatasi situasi tersebut :
a.
Hadir
seluruh formulir kepada pengunjung lagi, mempertahankan dan redisplaying yang
valid
bidang sementara menyoroti bidang yang tidak valid. Pengunjung masuk kembali hanya sah yang data dan menyampaikan kembali formulir.
bidang sementara menyoroti bidang yang tidak valid. Pengunjung masuk kembali hanya sah yang data dan menyampaikan kembali formulir.
b.
Hadir,
bentuk baru disingkat kepada pengunjung, hanya berisi bidang-bidang yang
berada dalam kesesatan. Bentuk seperti disingkat sangat
bermanfaat untuk pengunjung ketika
bentuk aslinya panjang atau rumit. Dengan demikian, pengunjung berurusan dengan hanya lapangan atau dua, bukan seluruh bentuk.
bentuk aslinya panjang atau rumit. Dengan demikian, pengunjung berurusan dengan hanya lapangan atau dua, bukan seluruh bentuk.
Apapun metode yang
Anda pilih, yang penting adalah untuk tidak mengharuskan pengunjung untuk
memasukkan kembali setiap bidang pada formulir hanya karena satu bidang adalah
kesalahan. Kecuali mereka
sangat termotivasi ("mobil gratis jika Anda mengisi formulir ini!"), sebagian besar pengunjung akan menolak, terutama pada bentuk-bentuk yang lebih panjang.
sangat termotivasi ("mobil gratis jika Anda mengisi formulir ini!"), sebagian besar pengunjung akan menolak, terutama pada bentuk-bentuk yang lebih panjang.
Hindari menampilkan
pesan error pada halaman yang berbeda dari bidang yang perlu
dikoreksi, memaksa pengunjung untuk pergi bolak-balik
antara halaman kesalahan dan halaman masukan karena ia memilah apa sebenarnya yang
salah. Pesan kesalahan dan bidang yang membutuhkan koreksi harus pada halaman yang
sama.
Terlepas dari jenis
masalah pengunjung bertemu di situs, berita mengejutkan
adalah bahwa resolusi sukses dari masalah membangun
loyalitas pelanggan lebih cepat daripada memberikan
produk yang melakukan sempurna. Tampaknya sulit untuk
percaya, tetapi strategi penyelesaian masalah ceria dan anggun dapat membangun loyalitas kepada organisasi lebih cepat
daripada tidak ada masalah sama sekali. Katakanlah ada masalah dengan mobil
Anda setelah garansi berakhir.
Jika perusahaan riang
menawarkan untuk kesulitan mobil Anda, gratis, Anda baru saja memiliki
pengalaman positif yang membangun loyalitas pelanggan.
Memecahkan masalah secepatnya dan sopan dapat semen pengunjung akan baik .
7. Desain Visual Controls Form
Suatu bentuk yang dirancang tidak
hanya sangat bermanfaat, itu juga
menarik secara visual dan cohesive dengan desain situs secara keseluruhan.
Semua pedoman desain kita telah melihat di dalam bab sebelumnya-layout, warna, grafis, dan tipografi-berlaku untuk bentuk seperti yang mereka lakukan kepada elemen
lain di situs. Tapi bagaimana kita benar-benar menerapkan mereka panduan
untuk bentuk
dan bentuk kontrol?
Ada banyak properti CSS
yang dapat dimanipulasi untuk
mengkoordinasikan formulir dengan sisa situs. Gambar
8.28 menunjukkan bentuk yang menampilkan baik unstyled dan gaya
contoh bentuk kontrol. HTML untuk formulir ini ditampilkan di sidebar; memeriksa
hati-hati sehingga Anda memahami bagaimana format diterapkan
hati-hati sehingga Anda memahami bagaimana format diterapkan
Perhatikan bahwa
bentuk khusus ini tidak dimaksudkan untuk menjadi cantik, melainkan untuk
menunjukkan kemungkinan luas untuk styling elemen form. Bahkan, ia berfungsi sebagai
pengingat grafis
bahwa hanya karena kita mengubah setiap kemungkinan karakteristik elemen form tidak berarti bahwa kita harus. Selain itu, kita tidak harus mengubah default styling dari kontrol bentuk begitu banyak sehingga tidak lagi menyerupai kontrol sama sekali. Sebagai contoh, input teks yang ditata pada Gambar 8.28 sekarang mulai menyerupai tombol, dan gaya tombol radio tidak lagi terlihat seperti tombol radio sama sekali.
bahwa hanya karena kita mengubah setiap kemungkinan karakteristik elemen form tidak berarti bahwa kita harus. Selain itu, kita tidak harus mengubah default styling dari kontrol bentuk begitu banyak sehingga tidak lagi menyerupai kontrol sama sekali. Sebagai contoh, input teks yang ditata pada Gambar 8.28 sekarang mulai menyerupai tombol, dan gaya tombol radio tidak lagi terlihat seperti tombol radio sama sekali.
Dalam kasus apapun,
itu harus jelas dari bab-bab sebelumnya bahwa perubahan apapun yang kita buat
warna atau perbatasan atau atribut lain harus berkoordinasi
dengan keseluruhan tampilan, merasa,
dan suasana hati dari situs secara keseluruhan.
dan suasana hati dari situs secara keseluruhan.
Karakteristik
visual elemen bentuk dan deskripsi teks yang terkait dapat
membantu untuk memandu pengunjung melalui formulir.
Sebagai contoh, kita mungkin menggunakan kontras yang
warna untuk deskripsi berikutnya untuk semua bidang yang
diperlukan dalam formulir. Warna, bagaimanapun, adalah
tidak cukup arah saja, karena warnanya yang mungkin tidak
terlihat oleh pengunjung yang buta warna. Oleh karena itu, beberapa isyarat tambahan
harus digunakan, seperti - familiar pernah tanda bintang di sebelah deskripsi lapangan.
Contoh lain tentang
bagaimana styling dapat membantu mengumpulkan data yang akurat ditunjukkan pada
Gambar 8.29.
Di sini, warna latar belakang yang berbeda adalah petunjuk visual yang
meningkatkan nilai asosiasi deskripsi teks.
8. Bentuk
masukan dan Aksesibilitas
Ini diluar cakupan
buku ini untuk menggali ke dalam politik, kebijakan, dan gila - dan - baut membuat bentuk sepenuhnya dapat diakses di
situs Anda, tetapi bab tentang bentuk tidak akan lengkap tanpa termasuk informasi tentang
aksesibilitas.
Disini, kemudian,
adalah pedoman untuk membuat bentuk masukan diakses :
a.
Bila
mungkin, tempat label di sebelah kiri elemen input sehingga layar yang
pembaca membaca label pertama, dan kemudian lapangan
memerlukan masukan.
b.
Jika
label harus ditempatkan di tempat lain selain di sebelah kiri elemen bentuk,
atau ketika
unsur-unsur lain datang antara label dan elemen bentuk, menghubungkan label
dan elemen bentuk seperti ini :
dan elemen bentuk seperti ini :
<input
type="text" name="firstName" id="firstName" />
Nama <label for="firstName"> Pertama < / label >
Layar pembaca untuk tunanetra kemudian akan membaca label bersama dengan membentuk elemen.
Nama <label for="firstName"> Pertama < / label >
Layar pembaca untuk tunanetra kemudian akan membaca label bersama dengan membentuk elemen.
c.
Untuk
membuat kategori visual yang chunking eksplisit untuk pembaca layar,
mengelilingi terkait bentuk elemen dengan tag <fi eldset>, dan
menyertakan tag <LEGEND> untuk pelabelan.
d.
Jangan mengisi kontrol dengan
teks instruksional sebagai nilai default, karena
teks yang membuatnya bahkan lebih sulit untuk akses-gangguan
pengunjung untuk menghapus petunjuk sebelum melanjutkan. Gunakan label yang tepat
dan instruksi pada membentuk gantinya.
e.
Hindari
menggunakan daftar kotak yang menggunakan multiple
attribute tersebut; kotak centang yang lebih
option diakses.
option diakses.
f.
Jangan
mengatur nilai default untuk satu ya/tidak kotak centang untuk "ya".
g.
Gunakan
titleattribute untuk memberikan tooltips pada rollover.
9. Ringkasan
Formulir dapat menyakitkan atau menyakitkan bagi
pengunjung. Perlu diingat bahwa pengunjung ingin mendapatkan
tugas mereka dilakukan secepat mungkin, dan dengan
sedikit usaha.
Perencanaan dan desain yang tepat dapat memaksimalkan efisiensi tugas.
Daftar periksa berikut memiliki dua fungsi : untuk meringkas poin utama dan "Aturan" yang disajikan dalam bab ini, dan sebagai checklist sebelum menyelesaikan situs web Anda ciptakan.
Perencanaan dan desain yang tepat dapat memaksimalkan efisiensi tugas.
Daftar periksa berikut memiliki dua fungsi : untuk meringkas poin utama dan "Aturan" yang disajikan dalam bab ini, dan sebagai checklist sebelum menyelesaikan situs web Anda ciptakan.
Usability - Tahukah Anda :
a.
Lakukan
segala yang mungkin untuk mengurangi pengunjung upaya-visual, kognitif, dan
fisik ?
b.
Minimalkan
klik pengunjung, penekanan tombol, gerakan mouse, dan bergulir?
c.
Hindari
meminta data sampai setelah pengunjung menyadari manfaat?
d.
Hindari
meminta data yang tidak perlu atau berlebihan?
e.
Menunjukkan
elemen yang diperlukan dan yang opsional?
f.
kontrol
input Hadir dalam urutan yang diharapkan?
g.
Gunakan
penyihir dan panel kontrol yang tepat?
h.
Jika
menggunakan panel kontrol, potongan elemen input dengan kategori?
i.
Tentukan
urutan tab yang sesuai dan fokus awal, jika diperlukan?
Seleksi Controls - Tahukah Anda :
a.
Gunakan
<input type="radio" /> , <input type="checkbox"
/> , atau <select> untuk sejumlah pilihan?
b.
Menyaring
orang-orang pilihan yang menjadi tidak relevan karena pilihan sebelumnya?
c.
Gunakan
<input type="radio" /> untuk daftar pendek pilihan yang saling
eksklusif?
d.
Gunakan
<input type="checkbox" /> untuk daftar pendek yang memungkinkan
beberapa pilihan?
e.
Sejajarkan
kotak centang dan tombol radio vertikal?
f.
potongan
visual terkait radio button dan checkbox?
g.
Gunakan
<select> untuk daftar panjang yang akan menutupi terlalu banyak layar
real estat jika semua pilihan yang ditampilkan sekaligus?
h.
Putuskan
apakah atau tidak untuk menempatkan pilihan yang paling umum di bagian atas
daftar?
i.
Gunakan
size = "1" untuk daftar drop-down, dan size
with nilai yang lebih besar dari 1 untuk
daftar digulir?
j.
Gunakan
<optgroup> ke pilihan potongan terkait dalam kotak pilih?
Text Input Controls - Tahukah Anda :
a.
Gunakan
<input type="text" /> untuk input teks satu baris, atau <
input type = "password"/ > Untuk input teks satu baris dengan
karakter yang dimasukkan disembunyikan oleh tanda bintang?
b.
Tentukan
sizeand maxlengththat kira-kira sesuai?
c.
Tampilan
format bidang yang relevan dan tanda baca, seperti tanda hubung dalam tanggal?
d.
Gunakan
valueattribute untuk menentukan nilai default jika 80 % atau lebih dari audi -
ence dapat menggunakan default?
e.
Hindari
menggunakan valueattribute untuk menampilkan instruksi untuk lapangan?
f.
Gunakan
tag <textarea> untuk input teks multi -line?
g.
Gunakan
wrap = "lunak", "keras", atau "off" untuk menentukan
apakah tombol kembali adalah digunakan dan apakah mereka diselamatkan dengan bidang
<textarea>?
h.
Gunakan
<textarea> untuk menampilkan teks informasi yang perlu gulir?
Form Submission - Tahukah Anda :
a.
Gunakan
kontrol yang tepat untuk mengirimkan formulir?
b.
Hindari
memberitahu pengunjung tidak mengklik sebuah tombol Submit dua kali?
c.
Hindari
penggunaan ulang tombol?
d.
Jika
Anda menggunakan tombol Reset, memverifikasi bahwa pengguna dimaksudkan untuk
klik?
e.
Posisi
tombol di dekat dan secara visual terhubung dengan unsur-unsur bentuk mereka?
f.
Posisi
tombol tindakan yang lebih aman atau lebih positif di sebelah kiri, dan
berisiko atau Tombol tindakan yang lebih negatif di sebelah kanan , memastikan bahwa
tanah fokus standar pada lebih aman dari dua tindakan?
g.
Setelah
penyerahan, meyakinkan pengunjung dengan halaman respon yang Menampilkan
kembali yang memasukkan informasi?
h.
Verifikasi
kelengkapan dan format semua entri sebanyak mungkin sebelum sub - mitting
bentuk ke server?
Dukungan Pengunjung - Apakah Anda :
a.
Praktek
desain defensif, sehingga bentuk yang sangat intuitif dan mudah digunakan yang
dukungan tambahan sedikit diperlukan?
b.
Cobalah
untuk menjadi singkat dan menonjol, mengatakan pengunjung hanya apa yang mereka
benar-benar perlu
tahu untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka?
tahu untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka?
c.
Menyediakan
dokumentasi yang jelas untuk probabilitas, bukan kemungkinan?
Instruksi - Tahukah Anda :
a.
Memberikan
petunjuk yang memadai sehingga bantuan yang terpisah jarang diperlukan?
b.
akurat
label setiap kontrol bentuk, dan tempat masing-masing di dekat dan visual yang
koneksi ke bidang itu menjelaskan?
c.
Membuat
dokumentasi jelas tetapi tidak mengganggu?
d.
Gunakan
kosakata yang konsisten?
e.
Sertakan
titleattribute pada elemen form untuk memberikan petunjuk singkat
pada rollover?
Bantuan - Tahukah Anda :
a.
Gunakan
bantuan kontekstual bila memungkinkan?
b.
Menyediakan
meja panas - terkait isi atau peta situs, dan fungsi pencarian untuk
Bantuan sistem yang lebih besar?
Feedback - Tahukah Anda :
a.
Memberikan
umpan balik, terutama untuk menunggu lama dan kesalahan?
b.
Gunakan
modeless, bukan modal, umpan balik bila memungkinkan?
Penanganan Kesalahan - Tahukah Anda :
a.
Memberikan
pesan kesalahan yang membantu, jelas, non-teknis, singkat, sopan,
bijaksana, non - menuduh, minta maaf, dan terlihat?
b.
Ketika
kesalahan server-side ditemui, baik menampilkan kembali seluruh formulir atau
hanya subset
dari kontrol yang berada dalam kesalahan?
c.
Tampilan
pesan kesalahan pada halaman yang sama sebagai bidang yang perlu diperbaiki?
d.
Ingatlah
bahwa resolusi sukses dari masalah membangun pelanggan yang kuat
loyalitas dari memberikan produk yang melakukan dengan
sempurna?
Aksesibilitas - Tahukah Anda :
a.
Bila
mungkin, tempat label di sebelah kiri kontrol, atau mengasosiasikan label dan
kontrol dengan tag <label>?
b.
Surround
terkait bentuk elemen dengan <fi tag eldset> dan termasuk <LEGEND>
yang tag
untuk label?
c.
Hindari
mengisi kontrol dengan teks instruksional sebagai nilai default?
d.
Hindari
menggunakan kotak daftar ketika beberapa pilihan yang mungkin (yaitu,
menggunakan multiple attribute)?
e.
Hindari
pengaturan nilai default untuk satu ya/tidak kotak centang untuk "ya"?
f.
Gunakan
title attribute
untuk memberikan tooltips pada rollover?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar